LAPORAN KEGIATAN (MENULIS HALUS)

Tahap Perencanaan oleh Tim Kreatif Perpusdes Anugrah Dwimulyo
Dwimulyo, 18 September 2019. Kegiatan Menulis Halus ini diiukuti oleh enam orang anak disekitar Perpusdes Anugrah Dwimulyo, dimulai sejak tanggal 07 Juli 2019. dan sampai sekarang sebenarnya belum berakhir. Tetapi jadwalnya tidak menentu. Artinya bahwa kegiatan ini bersifat pribadi dan tidak bersama-sama lagi dengan buku modul menulis halus dan menulis rapi. 

Materi yang diberikan dalam menulis halus ini adalah dengan buku modul yang dibuat sendiri oleh Bapak Sutrisno (Pengelola Perpusdes Anugrah Dwimulyo) berupa buku Paket I, yakni berisi menulis tegak tidak bersambung, Paket II berisi menulis tegak bersambung. Kemudian Paket III adalah Menulis Huruf dengan Seni yang Berbeda.

Pada dasarnya Tips menulis rapi atau menulis halus yang pertama adalah bagaimana menyamakan ukuran dan bentuk pada huruf-huruf yang memililiki tipe yang sama. Beberapa huruf -huruf yang memiliki tipe atau jenis yang sama :

1. a,d,q,g,c,dan e
2. n,m, dan h
3. u dan w
dan seterusnya, bisa degali dengan praktik secara langsung. Kemudian yang kedua adalah berlatih dan terus berlatih. 

Materi Menulis Rapi di Perpusdes Anugrah Dwimulyo

Diperpusdes Anugrah Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang ini dilakukan sekitar 20 hari, tetapi untuk paket kedua dan selanjutnya diteruskan dirumah. Sehingga anak tidak akan bosan untuk menjadi lebih baik.

Hasilnya menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan, dari tulisan yang awalnya memang betul-betul tidak rapi, bahkan dalam beberapa huruf ada yang cara menulis hurufnya saja tidak benar, misalnya salah dalam cara memulai sebuah hurufnya.

Satu contoh Daftar hadir Kegiatan Menulis Halus

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.