SUDUT BACA DI PERPUSDES ANUGRAH DWIMULYO KABUPATEN TULANG BAWANG


Dwimulyo. 29 Oktober 2019 Perpusdes Anugrah Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang adalah satu diantara perpusdes di Wilayah Lampung yang memiliki semangat dalam mengembangkan perpustakaan cukup tinggi. Perpustades yang pernah menggondol thropy juara satu lomba perpusdes se-Lampung ini memang memiliki semangat yang luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan terus menerus memperbaiki wajah perpustakaan dan selalu ada yang baru setiap saat.


Perpustakaan Anugrah Dwimulyo yang berdiri sejak tahun 2011 ini memang mampu mengangkat nama kampung Dwimulyo menjadi sedikit lebih baik. Sebagai kampung yang terbilang muda, berdiri sejak tahun 2009 adalah kampung yang masih sarat dengan perjuangan untuk berkembang kearah yang lebih maju. Hadirnya perpusdes sebagai satu langkah turut mempercepat lajunya kemajuan kampung, diperlukan tangan-tangan yang memiliki talenta khusus. Agar dapat bersinergi dengan kampung searah dalam menuju masyarakat yang sejahtera.


Perkembangan perpustakaan diera digital ini berkembang searah dengan kemajuan jaman. Perpustakaan tidak lagi hanya sebagai gudang buku atau sarang kertas-kertas tanpa makna. tetapi bagaimana perpustakaan mampu menjadi wadah bagi masyarakat untukl menjadi tempat mencari solusi atas masalah yang dihadapinya. sehingga tujuan akhir adalah bagai mana perpustakaan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungannya.


Dengan tujuan seperti hal tersebut diatas diperlukan perpustakaan yang tidak hanya sebagai gudang buku, tetapi bagaimana perpustakaan bisa terlihat menarik bagi masyarakat, tampak nyaman bagi yang hendak datang. Dan tak kalah penting adalah bagaimana ada kesan yang bisa dijadikan kenangan, seperti spot swafoto atau selfie. Hal ini diperlukan tatanan baik tata ruang indoor maupun maupun outdoor.


Sudut baca adalah satu diantara solusi yang harus ditampilkan didalam perpustakaan, agar menarik para pengunjung untuk dapat berkunjung ke perpustakaan. Perpusdes Anugrah Dwimulyo telah membuat sudut-sudut baca yang cukup menarik. Beberapa sudut baca dibuat tampak asri dan nyaman serta terlihat teduh. Sehingga bisa sambil rehat dan membaca dengan nyaman. 


Tampilan sudut baca di Perpusdes Anugrah Dwimulyo, tidak hanya menarik tetapi juga bersifat edukatif. Ada kalimat-kalimat yang motivasi yang memberi semangat, kepada yang pengunjung yang datang. Seperti " Buku adalah sahabat yang sabar, sahabat yang setia, yang bijak" atau "Membaca untuk mengenal dunia, Menulis untuk dikenal dunia"


Sudut baca yang dibuat di Perpusdes Anugrah Dwimulyo, banyak ragamnya. Seperti kursi berbentuk leter L dengan meja baca yang terbuat dari semen. Kemudian jembatan diatsa kolam ikan yang dibuat sedemikian rupa sehingga jika sedang membaca disana bisa tampak indah pemandangannya. Mengundang hati kita untuk selalu mengabadikannya momen tersebut dalam bentuk foto.


ATM. Anjungan Tempat Membaca adalah tempat berupa saung atau gubuk dengan lantai panggung dari papan. Tempat tersebut dibuat dengan ukuran lebar dua meter dan panjang juga dua meter. Kemudian disampingnya adalah saung panggung dengan ketinggian panggung kisaran dua meter juga. sayangnya belum memiliki atap.


Pagar dengan tulisan Literasi untuk Kesejahteraan, menggambarkan bahwa perpusdes ini adalah satu diantara perpusdes yang terjaring dalam program Perpusnas RI, yang digulirkan dari tahun 2018, ditahun 2019 ini ada 300 desa se-Indonesia sebagai penerima program tersebut. Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Masyarakat.


Yakni program yang mengubah paradikma bahwa perpustakaan sebagai gudang buku saja, tetapi sudah berubah sebagaimana dijelaskan diatas. Perpustakaan sebagi wadah bagi masyarakat umum tanpa pandang bulu dapat dilayani diperpustakaan tidak hanya sekedar membaca saja tetapi dengan barbagai permasalahannya sehingga bisa ditemukan solusinya. Baik perpustakaan hanya sebagi mediator atau secara langsung sebagai pemberi solusi.


Sudut baca yang ada ini masih belum sempurna, masih harus terus dibenahi. Sehingga betul-betul dapat membuat menarik bagi para calon pembaca dan merasa nyaman serta betah untuk membaca, terakhir bagaimana ketertarikan pengunjung itu dapat membuatnya menjadi pembaca tetap dan senyaman dirumah sendiri.


Memiliki sudut baca yang menarik saja tidaklah cukup, diperlukan keramahan pengelolanya, diperlukan strategi promosinya, diperlukan referensi yang baik dan lebih banyak. Dan tak kalah pentingnya adalah kemauan untuk tetap dan terus menerus untuk belajar.


Akhirnya, pengelola Perpusdes Anugrah Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang Trisno Marsa berharap, saran yang membangun dan semoga dapat menginpirasi bagi teman-teman pengelola perpusdes yang lain.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.